logo

Teropong Senayan

Jumat, 22 September 2017 | Edisi : Indonesia
Aktifitas Komisi

Terima Kades se Boalemo, Roem Kono Janji Perjuangkan Asuransi Pertanian

Jumat, 11 Agu 2017 - 06:55:49 WIB
M Anwar , TEROPONGSENAYAN
7IMG_20170811_065339.jpg
Sumber foto : Istimewa
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Roem Kono saat menemui Kepala Desa se-Kabupaten Boalemo, Gorontalo di gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (9/8/2017)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Roem Kono berjanji akan memperjuangkan seluruh aspirasi yang disampaikan para kepala desa se-Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Hal ini dia sampaikan saat menemui mereka di gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (9/8/2017). 

“Insya Allah saya akan memperjuangkan dan mewujudkan permintaan dan harapan yang bapak ibu kepala desa sampaikan tadi. Karena bapak dan ibu sudah memilih dan mempercayai saya sebagai wakil rakyat dari Gorontalo. Tentunya aspirasi yang disampaikan tadi merupakan keinginan dan kebutuhan dari seluruh masyarakat yang ada di desa bapak dan ibu masing-masing," ungkap Roem Kono.

Aspirasi yang disampaikan masyarakat Boalemo melalui kepala desanya masing-masing itu diantaranya berupa belum adanya asuransi pertanian di Desa Karya Murni. Padahal para nelayan sudah mendapatkan asuransi nelayan. Asuransi bagi petani ini menurut Kepala desa Karya Murni, Usman ini sangat diperlukan sebagai antisipasi jika terjadi gagal panen atau hal yang tidak diinginkan yang terjadi pada diri para petani.
 
Melalui Roem Kono, Usman juga berharap agar DPR mendorong pemerintah daerah untuk segera memberikan bantuan kepada para korban banjir bandang yang terjadi di desa tersebut beberapa hari yang lalu. Akibat banjir tersebut tanggul menjadi rusak alias jebol, dan jalan desa pun terkikis. Hal ini menyulitkan warga desa yang ingin beraktivitas.

Terkait hal tersebut politisi dari Fraksi Partai Golkar ini berjanji akan langsung menyalurkan aspirasi tentang asuransi pertanian tersebut kepada Kementerian Pertanian sebagai mitra kerjanya. Sementara untuk korban banjir bandang, pihaknya akan langsung meminta pemerintah setempat untuk segera memperbaiki tanggul yang rusak. Bahkan Roem Kono pun tidak segan untuk menghubungi Dirjen Bina Marga untuk segera memperbaiki jalan desa yang terkikis.

“Saya akan langsung sampaikan aspirasi tersebut kepada instansi terkait yang merupakan mitra kerja kami di Komisi IV ini. Namun sebelumnya, saya minta proposal pengajuan bantuan itu untuk segera disusun dan diberikan kepada kami, agar dapat langsung kami sampaikan kepada instansi terkait tadi. Insya Allah saya akan terus mengawal hal ini sampai masyarakat benar-benar mendapatkan fasilitas dan sarana juga prasarana yang memadai,” papar Roem.

Tidak hanya itu, Politisi asal Gorontalo ini juga mendapatkan pengaduan terkait minimnya ketersediaan pupuk di desa Boalemo. Padahal itu sangat diperlukan bagi masyarakat sekitar yang notabene berprofesi sebagai petani. Begitupun halnya dengan ketersediaan bibit rumput laut di desa Kramat yang sangat diperlukan untuk budidaya rumput laut. Petani rumput laut belum mampu mengolah budidaya yang mencari mata pencariannya itu secara profesional.

Menjanggapi hal itu, Roem Kono berjanji akan memperjuangkan dan mengirimkan pupuk dan bibit yang dibutuhkan masyarakat kedua desa tersebut. Oleh karena itu selain meminta proposal pengajuan atau permintaan bibit dan pupuk, Roem kono juga berharap agar masyarakat mampu mengolah bantuan yang akan diberikan tersebut secara benar. Sehingga kelak apa yang dihasilkannya tersebut dapat meningkatkan penghasilan dan perekonomian masyarakat di Boalemo.(dia/dpr)