logo

Teropong Senayan

Jumat, 22 September 2017 | Edisi : Indonesia
Kunjungan Kerja

Komisi VI DPR Tinjau Pasar Pandansari, Ini yang Dilakukan

Rabu, 09 Agu 2017 - 21:20:21 WIB
M Anwar , TEROPONGSENAYAN
36AFR_8224.JPG
Sumber foto : Istimewa
Tim Kunjungan Kerja Komisi VI DPR RI ke Provinsi Kalimantan Timur dipimpin Wakil Ketua Komisi VI Azam Azman Natawijaya saat meninjau Pasar Pandansari di Balikpapan, Selasa (8/8/2017)

BALIKPAPAN (TEROPONGSENAYAN)--
Tim Kunjungan Kerja Komisi VI DPR RI ke Provinsi Kalimantan Timur dipimpin Wakil Ketua Komisi VI Azam Azman Natawijaya meninjau Pasar Pandansari di Balikpapan. Tim berdialog dengan pedagang dan masyarakat. Mereka mengharapkan agar pemerintah segera merenovasi Pasar Pandansari.

Pasar Pandansari merupakan pasar induk yang terbakar dua kali di tahun 2015. Demikian padatnya, saat ini pedagang di Pasar Pandansari berjualan hingga ke luar area pasar.

"Kami sudah melihat dan meninjau, Pasar Pandansari ini merupakan pasar pasar induk dan pazar retail. Pasar ini sudar terbakar dua kali di tahun 2015. Informasi dari Walikota Balikpapan, pasar ini sangat berkembang pesat dari segi ekonomi, sehingga penjual melebar ke luar area pasar," kata Azam, Selasa (8/8/2017)

Ia menyarankan agar pasar induk di Pandansari dipindahkan, dan sebagian pasar ini direnovasi untuk menjadi lahan perparkiran. Sehingga orang yang ingin berbelanja di pasar bisa langsung parkir di lantai tiga gedung pasar tersebut.

Menurut politisi Demokrat ini, lantai tiga Pasar Pandansari nantinya akan hidup seperti pasar-pasar di Jakarta.

“Terkait adanya permohonan bantuan dari Walikota Balikpapan, akan kami bicarakan dengan Menteri Perdagangan. Mudah-mudahan ada APBN bisa disalurkan ke Balikpapan," imbuhnya.

“Untuk tahun lalu tidak ada anggaran dan semoga tahun ini bisa terealisasi anggarannya. Kita berdoa saja, warga dan pedagang juga bantu dengan doa semoga ekonomi kembali membaik dan pemerintah pusat memiliki dana untuk merenovasi pasar ini," pungkasnya.(dia/dpr)