logo

Teropong Senayan

Jumat, 22 September 2017 | Edisi : Indonesia
Kunjungan Kerja

Minta Pemda Serius Kelola Pantai Hamadi Jayapura, Ini Alasan Komisi X DPR RI

Selasa, 08 Agu 2017 - 06:29:44 WIB
M Anwar , TEROPONGSENAYAN
51HR-3354.jpg
Sumber foto : Istimewa
Tim Komisi X DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah meninjau Pantai Hamadi, Jayapura, Minggu (30/7/2017)

JAYAPURA (TEROPONGSENAYAN)--Potensi pariwisata di Papua sangat melimpah, salah satunya pantai Hamadi yang terletak kurang lebih 5 kilometer sebelah selatan pusat kota Jayapura. Selain sebagai destinasi wisata pantai, pantai Hamadi juga sebagai destinasi wisata sejarah, karena pantai ini merupakan tempat pendaratan pertama pasukan amphibi sekutu pada tahun 1944.

Tim Komisi X DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah meninjau Pantai Hamadi tersebut. Komisi X DPR melihat secara langsung penataan kawasan wisata di Pantai Hamadi.

Dalam kesempatan tersebut, Ferdiansyah meminta pemerintah secara serius mengelola kawasan wisata Pantai Hamadi, salah satunya membuat kegiatan rutin di kawasan Pantai Hamadi sehingga menarik wisatawan untuk datang ke Pantai Hamadi.

“Buat kegiatan rutin seperti pentas seni dan budaya di kawasan sini, nanti akan kita bantu memperjuangkan anggarannya,” ungkap politisi Golkar ini di Papua, Minggu (30/7/2017).

Sebagaimana disampaikan Dinas Pariwisata Jayapura, bahwa Pantai Hamadi mendapat bantuan alokasi dana dari APBN sekitar Rp 250 juta.

Sementara itu, Anggota Komisi X Marlinda Irwanti kepada mitra kerja yang ikut mendampingi Komisi X meminta agar bantuan peralatan seni dan budaya untuk dipakai sebagai sarana hiburan di kawasan pantai Hamadi.

“Kawasan wisata pantai Hamadi sudah komplit, ada wisata pantainya, ada wisata sejarahnya, ada wisata danaunya dan jika ada acara-acara rutin di kawasan ini, pasti akan banyak wisatawan yang datang,” ungkapnya.

Saat ini kawasan pantai Hamadi masih dikelola masyarakat setempat, dimana masyarakat sekitar telah menyediakan pondok-pondok untuk pengunjung menikmati udara lepas dari lautan bebas. Pondok ini disewakan dengan harga sewa bervariasi mulai Rp 25.000,- sampai dengan Rp 100.000,-.

Komisi X DPR meminta agar kawasan pantai Hamadi ditata dengan baik, karena bisa menjadi sumber pendapatan daerah dan tentunya akan menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat.(dia/dpr)