logo

Teropong Senayan

Jumat, 22 September 2017 | Edisi : Indonesia
Kunjungan Kerja

Kunjungi DPR, Negara-negara Afrika Tertarik Sistem Politik Indonesia

Selasa, 13 Jun 2017 - 22:37:11 WIB
M Anwar , TEROPONGSENAYAN
30AFR_7573.JPG
Sumber foto : Istimewa
Kepala Badan Keahlian Dewan (BKD) Johnson Rajagukguk saat menerima delegasi lembaga pertahanan dari lima negara di kawasan Afrika yaitu Tanzania, Afrika Selatan, Boswana, Zimbabwe, dan Ruwanda, Selasa (13/6/2017) di komplek parlemen Senayan, Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Sistem politik, demokrasi, dan keparlemenan di Indonesia menarik perhatian delegasi National Defense College dari negara-negara Afrika. Indonesia tidak saja sebagai negara kaya, tapi sekaligus negara demokrasi terbesar di dunia.

Kepala Badan Keahlian Dewan (BKD) Johnson Rajagukguk mengungkapkan hal ini usai menerima delegasi lembaga pertahanan dari lima negara di kawasan Afrika. Selasa (13/6/2017). Delegasi ini terdiri dari 15 orang dari lima negara di Afrika, yaitu Tanzania, Afrika Selatan, Boswana, Zimbabwe, dan Ruwanda.

“Mereka tertarik mempelajari sistem keparlemenan di Indonesia. Saya sudah jelaskan semua itu dan bagaimana demokrasi itu diimplementasikan. Ini membuat mereka tertarik dengan sistem yang ada di Indonesia,” ujar Johnson. Kondisi geografis Indonesia yang begitu luas dan terdiri dari pulau-pulau juga menarik untuk dipelajari para delegasi. Apalagi, jabatan-jabatan publik di Indonesia dipilih secara langsung.

Sistem kerja di DPR RI tak luput ditanyakan para delegasi, mulai dari sistem keterwakilan partai, keterwakilan perempuan, dan dana partai.

“Mereka sangat antusias mempelajari sistem keparlemenan dan sistem politiknya. Pengisian jabatan-jabatan politik dipilih langsung. Ini hal yang menarik. Indonesia bukan semata-mata terkaya, tapi juga negara demokrasi terbesar di dunia,” tandas Johnson.(dia)