logo

Teropong Senayan

Jumat, 22 September 2017 | Edisi : Indonesia
Kunjungan Kerja

Tinjau Hutan Adat di Pandumaan-Sapituhuta, Sumut, Ini Papar Komisi IV

Kamis, 18 Mei 2017 - 01:15:00 WIB
M Anwar , TEROPONGSENAYAN
82IMG_20170503_162544.jpg
Sumber foto : Istimewa
Ketua Komisi IV DPR RI, Eddy Prabowo saat mengunjungi hutan adat Pandumaan- Sipituhula di Kabupaten Humbang Hasudutan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (2/5/2017)

HUMBANG HASUNDUTAN (TEROPONGSENAYAN)--Tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI meninjau langsung hutan kemenyan Pandumaan- Sipituhula di Kabupaten Humbang Hasudutan, Sumatera Utara (Sumut), yang sudah disahkan menjadi hutan adat oleh presiden Joko Widodo. Sebelumnya, hutan ini adalah hutan konsesi PT. Taba Pulp Lestari (TPL).

“Hari ini kami melihat, hutan kemenyan Pandumaan-Sipituhuta seluas 5.172 hektar sudah disahkan menjadi hutan adat melalui surat keputusan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” kata ketua rombongan kunker Edhy Prabowo di Kabupaten Humbang Husudutan, Sumut, Selasa (2/5/2017).

Lebih lanjut Edhy mengatakan, dirinya mengapresiasi bupati dan tokoh masyarakat yang telah menjaga dan mempertahankan tanah leluhur itu. “Saat ini, tinggal menunggu peraturan daerah (Perda) untuk mengatur hutan adat ini, agar ke depan tidak ada masalah," jelasnya.

Politis Fraksi Gerindra itu, mengatakan, pihaknya akan terus mengawal dan mendorong sampai Perdanya keluar. Sebab, hutan adat itu merupakan sumber kehidupan masyarakat sekitar.

“Dalam mengelola negara, kita tidak boleh meninggalkan budaya. Pandumaan-Sipituhuta adalah daerah di Indonesia yang memiliki budaya yang tinggi dan melekat pada masyarakat, maka ini harus dilindungi. Kami akan terus mendukung ini semua, selama ini untuk rakyat,” pungkasnya.(dia)