logo

Teropong Senayan

Jumat, 24 Pebruari 2017 | Edisi : Indonesia
Komentar

Mudik Natal, Taufik Kurniawan Sarankan Belanja dan Kuliner Lokal

Minggu, 25 Des 2016 - 11:29:46 WIB
M Anwar , TEROPONGSENAYAN
71IMG_20161225_110111.jpg
Sumber foto : Istimewa
Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan memperkirakan, puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru mulai Jumat (23/12/2016). Menurutnya, mudik merupakan tradisi dan budaya asli Indonesia. Untuk itu, ia mengimbau kepada pengguna jalan yang sedang mudik, untuk senantiasa menaati rambu-rambu lalu lintas.

"Aktivitas perjalanan tentu saja akan meningkat signifikan. Angkutan laut, darat dan udara akan melonjak dari biasanya. Karena itu, saya menghimbau kepada saudara-saudara kita pengguna jalan untuk tetap waspada dan berhati-hati, mematuhi rambu rambu lalu lintas dan menaati instruksi petugas di jalan," ujar Taufik, Jumat (23/12/2016) di Jakarta.

Politisi F-PAN itu juga mengingatkan, kepada pemudik untuk memastikan kendaraannya dalam kondisi fit. Selain itu, diharapkan pengendara untuk menjaga konsentrasi. Jika mengantuk, lebih baik mencari tempat untuk beristirahat.

"Selain itu, jangan buru-buru, ingat keluarga di kampung menanti, dengan mengutamakan keselamatan," imbuh Taufik.

Ia juga meminta kepada pemudik untuk tidak membawa barang-barang secara berlebihan. Bahkan kalau bisa, malah membeli kebutuhan di kampung halaman. Dengan begitu, selain mengapresiasi kearifan lokal, juga dapat meningkatkan perekonomian di daerah.

"Jangan lupa, belanja atau kuliner juga di daerah-daerah yang dilalui, selain enak dan lezat, pasti lebih murah tentunya. Feedback-nya, ekonomi warga juga naik," analisa Taufik, sembari menambahkan bahwa ramainya mudik Natal dan Tahun Baru, menunjukkan gairah ekonomi masyarakat tetap stabil. 

Di sisi lain, politisi asal daerah pemilihan Jawa Tengah itu, melihat petugas di lapangan, telah bekerja dengan baik. Bahkan, petugas tanpa mengenal lelah menjaga semua kegiatan mudik Natal dan Tahun Baru selama 24 jam nonstop, agar semuanya lancar dan aman.

Bahkan, ia menilai aparat keamanan telah bersiaga penuh dan maksimal bekerja. Hal ini juga terkait kejadian penemuan bom di Tangerang Selatan, Banten dan Payakumbuh, Sumatera Barat. Pasalnya, bom-bom itu dikabarkan akan diledakkan saat Natal dan Tahun Baru.

"Saya juga menghimbau kepada kita semua, seluruh rakyat indonesia untuk care, saling menjaga khususnya pada perayaan Natal dan Tahun Baru. Beberapa kejadian terakhir pasti membuat ketidaknyamanan kita semua. Tapi saya yakin, aparat keamanana kita telah bersiaga penuh, 24 jam dalam sehari, namun tetap memerlukan support kita semua," pesan Taufik.(dia/dbs)