logo

Teropong Senayan

Selasa, 25 Juli 2017 | Edisi : Indonesia
Berita Dapil

Tinjau Beras Bulog Riau, Ini Penjelasan Komisi IV

Minggu, 14 Nov 2016 - 06:58:48 WIB
Mandra Pradipta , TEROPONGSENAYAN
74KomisiIVBulogRiau.JPG
Sumber foto : Istimewa
Rombongan Komisi IV DPR RI saat meninjau gudang Bulog Divre Riau

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Beberapa permasalahan yang ada di Provinsi Riau, seperti kebakaran lahan dan hutan, serta masalah tata ruang wilayah, dibahas Komisi IV DPR RI dengan Gubernur Riau, yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh Kementerian yang terkait.

Komisi IV juga melakukan inspeksi ke berbagai tempat, salah satunya adalah gudang Bulog Divre Riau. Hal itu dilakukan untuk melihat stok persediaan dan sekaligus melakukan inspeksi terhadap ukuran berat beras tersebut, apakah sesuai dengan berat yang tercantum dalam kemasannya.

"Semuanya sudah cukup bagus, dan kita melihat persediaan yang ada sudah memadai. Termasuk juga dalam antisipasi bila terjadi musim hujan stok beras ini masih cukup untuk kebutuhan konsumsi masyarakat," ujar anggota Komisi IV DPR Sjachrani Mataja, di Gudang Bulog Riau, Senin (14/11/2016).

Menurutnya, yang penting adalah apakah Bulog masih melakukan impor beras atau tidak. Karena apabila masih terdapat impor, hal itu berarti belum menyerap seluruhnya hasil panen para petani. Sementara yang diharapkan adalah agar hasil panen petani itu bisa diserap oleh Bulog, sehingga petani akan terus bergairah untuk memproduksi padi dalam rangka mencukupi kebutuhan pangan.

"Mudah-mudahan Bulog sudah sesuai dengan perannya serta dukungan dari Komisi IV, yakni bisa mengayomi pangan terutama beras. Saya berharap kepada Direksi Bulog dan jajarannya, agar tidak hanya satu daerah saja yang bagus, namun seluruh daerah di Indonesia juga bisa terayomi," ucap politisi Fraksi Gerindra tersebut.

Sebenarnya Riau tidak memiliki lumbung padi yang besar, oleh karena itu harus ada langkah-langkah strategis untuk bisa mencukupi kebutuhan di Provinsi Riau.(dia/dbs)