logo

Teropong Senayan

Jumat, 22 September 2017 | Edisi : Indonesia
Berita Dapil

Komisi V Kawal Target Pembangunan Sembilan Bendungan Besar

Jumat, 18 Okt 2016 - 09:15:06 WIB
Sahlan Ake , TEROPONGSENAYAN
57lasarus.jpg
Sumber foto : www.dpr.go.id
Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Komisi V DPR akan mengawal pembanguan sembilan bendungan besar yang menjadi target pemerintah, dalam upaya mendorong swasembada pangan. Hal tersebut disampaikan Wakil ketua Komisi V Lasarus disela-sela rapat dengar pendapat dengan Dirjen PUPR, Sekjen Sumber Daya Air, dan Dirjen Cipta Karya, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (18/10/2016).

“Tahun ini pemerintah menargetkan pembangunan sembilan bendungan besar, hal ini tentu untuk mendorong tercapainya target swasembada pangan. Tentu saja hal ini perlu diiringi dengan perbaikan pembuatan irigasi baru untuk lahan baru pertanian dalam rangka ketahanan pangan,” ucap Lasarus.

Ia berharap pembangunan sembilan bendungan besar yang akan diprogramkan pada tahun 2017 tersebut dapat berjalan dengan lancar, dan pada tahun 2019 diharapkan beberapa bendungan dapat terselesaikan.

“Kita akan kawal target dari pemerintah tersebut,  saat ini belum dapat kita gambarkan seperti apa serapannya nanti di lapangan, karena ini baru berupa program yang disampaikan kepada kita. Memang ada beberapa bendungan yang terjadi pendangkalan, seperti waduk Gajah Mungkur, dan saat ini sedang dilakukan pengerukan untuk normalisasi,” tegas politisi dari F-PDIP dapil Kalbar itu.

Ia juga menjelaskan bahwa kalau debit airnya kurang maka kemampuan bendungan tersebut untuk melayani irigasi atau wilayah yang menggunakan sumber air dari situ, tentu akan menjadi terbatas.

“Disamping membangun, pemerintah juga harus merehabilitasi bendungan-bendungan yang memang kondisinya sudah mulai menurun. Jangan membangun baru, tetapi lupa memperbaiki yang sudah ada, termasuk juga bendungan yang baru saja di lakukan pengisian di wilayah Jawa Barat. Mudah-mudahan hal itu berjalan dengan lancar dan bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya,” pungkasnya.(dia/dpr.go.id)