logo

Teropong Senayan

Kamis, 23 Maret 2017 | Edisi : Indonesia
Aktifitas Komisi

Komisi I Sambut Baik Pemberlakukan UU ITE

Selasa, 29 Nov 2016 - 08:13:03 WIB
Ferdiansyah, TEROPONGSENAYAN
29tantowi-yahya.jpg
Sumber foto : Istimewa
Tantowi Yahya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Undang-Undang nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) mulai berlaku 28 November 2016 kemarin.

Anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya menyambut baik pemberlakuan UU tersebut. Menurutnya, aturan itu memberikan batasan-batasan dan norma dalam berekspresi di media sosial.

"UU tersebut sudah diberlakukan mudah-mudahan dengan adanya UU ITE segala sesuatu terkait komisi di medsos ada pagar-pagarnya," kata Tantowi di Jakarta, Senin (28/11/2016).

Tantowi mengatakan revisi UU ITE hadir di tengah ketidakpastian pengaturan mengenai hal-hal yang boleh dilakukan atau tidak di media sosial.

Dia beranggapan aturan baru UU ITE bisa mencegah kepentingan pihak tertentu untuk merusak nama baik orang lain melalui media sosial sehingga media sosial tidak dijadikan sarana konflik kepentingan.

"Sosmed bukan ruang hampa, kebebasan di negara kita tidak benar-benar bebas. Kita akan berhadapan dengan kepentingan orang lain nama baik orang lain, karena itu UU ini dengan secermatnya mengadakan pengaturan interaksi," ujarnya.

Namun Tantowi membantah jika UU ITE yang baru akan membungkam suara kritis masyarakat, karena penyusunannya dilakukan sesuai aspirasi masyarakat dengan cara yang komprehensif.(yn)