logo

Teropong Senayan

Jumat, 24 Pebruari 2017 | Edisi : Indonesia
Info DPR

Ini Kata Setjen DPR Soal Pengamanan dari Brimob

Jumat, 25 Nov 2016 - 16:45:35 WIB
Syamsul Bachtiar, TEROPONGSENAYAN
54dpr.jpg
Sumber foto : Istimewa
DPR RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kepala bagian pemberitaan kesekjenan DPR RI Djaka Dwi Winarko mengatakan, keberadaan tiga batalyon pasukan Brimob Polri untuk mengamankan gedung DPR RI merupakan domain institusi kepolisian.

Jadi, lanjut dia, pihak internal DPR RI sifatnya hanya melakukan pengamanan di area gedung DPR RI saja.

"Kalau soal pengamanan gedung DPR, Setjen DPR senantiasa berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Berdasarkan koordinasi inilah kita dari pengamanan dalam (pamdal) melakukan pengamanan yang sifatnya internal termasuk terkait penggunaan ID. Kita membantu proses pengamanan yang dilakukan kepolisian. Dan ini sudah biasa dilakukan apabila dirasakan perlu oleh kepolisian untuk menjamin keamanan kompleks parlemen sebagai salah satu objek vital negara," jelas Djaka pada TeropongSenayan di Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Ditegaskannya kembali, kalau masalah pengamanan itu domain dari kepolisian.

"Kepolisian pasti punya pertimbangan keadaan," ketus dia.

Memang, kata dia, jika mengacu pada aturan yang ada di internal DPR RI, demo dalam jumlah besar tidak diperbolehkan memasuki area dalam kompleks parlemen.

"Kalau demo di luar gedung bisa dan utusannya atau yang mewakili dapat menyampaikan aspirasinya untuk bisa diterima anggota DPR. Itulah aturan dan SOPnya yang selama ini dilakukan bukan untuk case hari ini," kata dia. (icl)