logo

Teropong Senayan

Jumat, 22 September 2017 | Edisi : Indonesia
Berita Dapil

Komisi V Minta Bongkar Muat di Pelabuhan Cirebon Dibuka Kembali

Selasa, 09 Agu 2016 - 14:33:46 WIB
Sahlan Ake, TEROPONGSENAYAN
6KunkerKomisi5Cirebon.jpg
Sumber foto : dpr.go.id
Kunjungan Kerja Anggota Komisi V DPR RI ke Pelabuhan Cirebon, Rabu (3/8/2016)

CIREBON (TEROPONGSENAYAN)--Miriam S Hayani dan Yoseph Umarhadi, Anggota Komisi V DPR RI minta pemerintah daerah dan pemerintah pusat mengoperasikan kembali pelabuhan bongkar-muat Cirebon. Sebab, sejak di tutup empat bulan lalu banyak tenaga kerja di pelabuhan Cirebon yang menganggur dan membuat laju roda perekonomian Cirebon menurun.

“Jangan pelabuhan Cirebon ini ditutup untuk bongkar muat batu bara. Karena dengan adanya pelabuhan, daerah dapat terdongkrak perekonomiannya. Pihak pengelola pelabuhan Cirebon harus segera memberikan solusi konkrit dengan membuka kembali aktivitas bongkar muat,” kata Miriam di Cirebon, Rabu (3/8/2016).

Miriam mengatakan hal itu saat bersama sejumlah anggota Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Cirebon Penutupan bongkar muat batu bara menjadi salah satu topik kunjungan komisi yang membidangi masalah perhubungan, infrasttuktur dan transportasi ini.

Masyarakat merasakan imbas setelah di tutupnya Pelabuhan Cirebon ini dengan sepinya kegiatan perekonomian dan banyaknya penganggur. Untuk itu para anggota Komisi V itu minta pemerintah kota segera membuka kembali pelabuhan Cirebon tersebut,untuk mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

Anggota Komisi V DPR RI Yoseph Umarhadi menyampaikan hal yang sama. Menurut Yoseph saat ini muncul desakan dari sebagian elemen masyarakat yang menginginkan agar bongkar muat batu bara yang telah ditutup selama 4 bulan terakhir, dibuka kembali. Apalagi penutupan ini membuat biaya bongkat muat mahal karena pindah ke pelabuhan Tegal.

"Sejak ditutup, bongkar muat batu bara pindah ke Tegal dan itu  membuat ongkos produksi bisa berlipat-lipat.  Di sisi lain, banyak tenaga kerja di Pelabuhan Cirebon yang kini menganggur," kata Yoseph yang juga anggota DPR Dari Dapil Cirebon ini.

Miriam S Hayani menambahkan, dengan ditutupnya aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Cirebon, imbasnya merugikan pemerintah maupun masyarakat sekitar. Dia siap membrikan dukungan politik agar Kementerian Perhubungan segera membuka kembali Pelabuhan Cirebon ini.

“Harapan untuk kedepannya, pengelola Pelabuhan Cirebon harus profesional dan bisa merangkul masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Kota Cirebon sehingga bisa  mendongkrak kebutuhan fiskal dan perekonomian  kota Cirebon,” ungkap Miriam yang juga politisi dari Dapil Cirebon ini.(ris/dbs)