logo

Teropong Senayan

Sabtu, 24 Agustus 2019 | Edisi : Indonesia

Komisi VIII Harap Pelenyelenggaraan Haji 2019 Berjalan Lancar

Minggu, 28 Jul 2019 - 07:25:21 WIB
Fitriani, TEROPONGSENAYAN
tscom_news_photo_1564273521.jpeg
Sumber foto : Istimewa

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengatakan bahwa pihaknya ingin memastikan proses penyelenggaraan ibadah Haji 1440 H/2019 berjalan lancar. Ia juga mendesak pelayanan jemaah haji tahun ini ditingkatkan.  

Dengan tambahan 10 ribu jemaah haji serta jumlah jemaah haji lanjut usia (lansia) yang mencapai setengahnya, Ace berharap Kementerian Agama dengan 4200 petugas yang dimilikinya memberikan perhatian dan pelayanan yang terbaik.
 
“Apalagi kita tahu bahwa suhu di tanah suci pada musim haji tahun ini sangatlah panas, karena itu kita ingin memastikannya, terutama pada saat puncak ibadah haji, yaitu saat wukuf di Arafah dan mabit (bermalam) di Muzdalifah dan Mina, betul-betul dipastikan pelayanannya sangat baik dan secara intensif,” ungkapnya di Jakarta, Kamis (25/7/2019).
 
Politisi F-Partai Golkar ini menambahkan, yang menjadi perhatian selanjutnya adalah pelayanan catering dan akomodasi selama di tanah suci, dapat dilakukan sesuai dengan yang telah disepakati. Sebagaimana disampaikan komitmen dari Menteri Agama untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

“Misalnya, hotel atau penginapan jemaah itu dipastikan sesuai dengan kesepakatan harus (standar) bintang tiga. Kemudian, transportasi untuk melayani pemondokan dengan Masjidil Haram itu betul-betul bisa dipastikan ada dan frekuensinya banyak. Sehingga jangan sampai jemaah haji kita terlunta-lunta disana,” tambah Ace.

Tidak hanya pelayanan terkait sarana dan prasarana, Komisi VIII juga memastikan pembinaan calon jemaah haji berjalan sesuai dengan syarat dan hukumnya sebagaimana yang ditentukan oleh syariat. 

Ace mengatakan bahwa pihaknya memastikan hal tersebut dengan cara, salah satunya dengan mengetahui informasi lebih mendalam, hingga melakukan pengawasan langsung dengan memberangkatkan tim pengawas (timwas) haji pada akhir bulan ini.

“Insyallah akan berangkat dua gelombang, tahap pertama pada 30 Juli dan tahap kedua pada 31 Juli. Kita harapkan pelayanan ibadah jemaah haji Indonesia dapat meningkat pada tahun ini,” pungkas legislator daerah pemilihan Banten I.