logo

Teropong Senayan

Senin, 22 Juli 2019 | Edisi : Indonesia

Bantuan Peralatan Kepada UMKM Harus Sesuai Kebutuhan

Minggu, 07 Jul 2019 - 16:28:41 WIB
Fitriani, TEROPONGSENAYAN
tscom_news_photo_1562491721.jpg
Sumber foto : Istimewa

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi VIII DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti berharap pemerintah dalam memberikan bantuan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) disesuaikan dengan kebutuhan agar produktivitas UMKM tersebut meningkat. Karena, saat ini, UMKM ditantang untuk bisa melakukan ekspor, tentu harus di-support dengan peralatan yang memadai.
 
“Contohnya seperti UD. (Usaha Dagang) Putri Laut, selain terus berinovasi, mereka juga dikawal Dinas Kota, Provinsi maupun dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sehingga mampu bertahan ditengah persaingan UMKM yang ketat khususnya di Kota Semarang ini,” ungkap Agustina saat mengunjungi UD. Putri Laut di Kota Semarang, Jawa Tengah, baru-baru ini.
 
Lebih lanjut, Agustina menyampaikan bahwa UD. Putri Laut bekerja sama dengan Universitas Negeri Semarang mengembangkan dandang atau panci Low Temperature High Pressure Cooker (LTHPC) yang mampu memuat 50 kilogram Bandeng dalam sekali masak. “Seperti ini yang perlu di-support oleh KKP, seperti membeli dandang tersebut untuk dibagikan kepada pelaku UMKM agar produktivitasnya meningkat hingga mampu melakukan ekspor,” ungkapnya.
 
Sementara itu Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mengungkapkan Indonesia memiliki potensi dan dukungan sumber daya alam yang melimpah seyogyanya bisa menjadikan Indonesia sebagai kekuatan pangan dunia.  Salah satu cara untuk mencapai cita-cita tersebut adalah dengan mendorong hilirisasi di sektor kelautan dan perikanan.
 
Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga Suseno Sukoyono KKP mengatakan bahwa produk kelautan dan perikanan tidak asing untuk masyarakat  Jawa Tengah. Hal ini ditunjukan dengan adanya 10.102 unit pengolahan ikan skala mikro kecil dan menengah, salah satunya seperti yang ada di UD. Putri Laut.
 
Sejak tahun 2015-2018 Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) telah memberikan bantuan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan total anggaran sebesar Rp 30,3 miliar. Bantuan itu digunakan untuk pembangunan cold storage, sentra pengolahan, sentra kuliner, hingga bantuan chest freezer.
 
Pemilik UD. Putri Laut Suhartono menyampaikan bantuan yang diterima dari pemerintah berupa pembinaan, pelatihan serta bantuan alat-alat pengolahan. “Satu hal yang membanggakan adalah UD. Putri Laut sudah berhasil mendapatkan Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan,” pungkasnya.