logo

Teropong Senayan

Senin, 22 Juli 2019 | Edisi : Indonesia

Bambang Haryo: Tak Dapat Intensif, Pelanggaran HAM Terjadi di Kertajati

Senin, 01 Jul 2019 - 20:30:42 WIB
Mandra Pradipta, TEROPONGSENAYAN
tscom_news_photo_1561987842.jpg
Sumber foto : Istimewa

MAJALENGKA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota DPR Komisi V DPR RI Bambang Haryo menyatakan, telah terjadi pelanggaran HAM atas dibukanya Penerbangan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Pasalnya, tegas dia, banyak penumpang yang terpaksa membayar tiket pesawat mahal dengan rute Surabaya, Kertajati, dan Balikpapan.

Padahal, ungkap Bambang, banyak dari penumpang yang enggan transit ke Bandara Kertajati lantaran harus membuang waktu. Ditambah, tak ada Intensif yang diberikan kepada penumpang.

"Ini namanya pelanggaran HAM, penumpang dipaksa untuk membayar tiket mahal hanya untuk ke Bandara Kertajati, baru ke Balikpapan," kata Bambang di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Senin (1/7/2019).

Tak hanya itu, dalam sidak tadi Politisi Partai Gerindra ini juga mendengar keluhan dari maskapai penerbangan (airline) soal avtur atau bahan bakar penerbangan. 

Dimana, avtur ke BIJB belum diberi potongan harga (diskon). Apalagi, avtur didatangkan dari Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, yang jaraknya lebih dekat dengan Kabupaten Majalengka.

"Harusnya kan ini lebih murah. Tapi dimahalin 15% dengan selisih Rp1.478 dari total harga. Ini nggak bener," tuturnya.