logo

Teropong Senayan

Selasa, 18 Juni 2019 | Edisi : Indonesia

Jelang Idul Fitri, Polda Metro Jaya Harus Amankan Titik-Titik Rawan

Jumat, 31 Mei 2019 - 06:00:00 WIB
Ferdiansyah, TEROPONGSENAYAN
tscom_news_photo_1559254788.jpeg
Sumber foto : Istimewa

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Komisi III DPR RI berkunjung ke Polda Metro Jaya untuk berdiskusi dan mendalami kesiapan Polda Metro Jaya dalam meningkatkan keamanan saat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. 

Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu mengingatkan Polda Metro Jaya untuk mengantisipasi dan meningkatkan keamanan di sejumlah titik kerawanan saat Lebaran.
 
Titik-titik yang perlu ditingkatkan keamanannya yakni perumahan yang ditinggal masyarakat saat mudik dan tempat-tempat keramaian yang akan dikunjungi masyarakat saat libur Lebaran. 

“Kita menanyakan kesiapan Kepolisian dalam mengantisipasi berbagai akumulasi menjelang Lebaran ini seperti takbiran dan persiapan mudik,” ungkap Masinton usai pertemuan dengan jajaran Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (27/5/2019).
 
Terutama di pemukiman warga, Masinton mengingatkan hal itu harus diperhatikan secara serius. Karena ketika rumah ditinggalkan pemiliknya, risiko kejahatan akan semakin besar. “Kemudian harus menciptakan keamanan di pemukiman warga yang kemungkinan banyak ditinggalkan warga karena mudik, juga mengantisipasi arus balik,” ujar politisi PDI-Perjuangan ini.
 
Dalam kesempatan itu, Komisi III DPR RI telah mendapatkan gambaran dari sejumlah rencana pengamanan dari Polda Metro Jaya. Kepolisian sudah menyampaikan dari sisi jumlah personel dan titik-titik yang akan jadi konsentrasi pengamanan. Sehingga diharapkan dari rencana yang sudah disusun dapat terealisasi dengan baik.
 
“Kepolisian juga konsen dalam mempermudah akses keberangkatan terhadap warga Jakarta yang akan mudik di berbagai daerah, begitu juga pengamanan di tiap-tiap pemungkiman yang nantinya ditinggalkan warga ketika mudik,” tutur legislator dapil DKI Jakarta II itu.
 
Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Metro Jaya Gatot Eddy mengungkapkan pihaknya memastikan proses perayaan Idul Fitri akan berlangsung secara aman. Ia pun mengimbau kepada masyarakat Jakarta yang akan mudik untuk tidak menggunakan sepeda motor untuk jarak yang jauh. (Bara)